Cara Install / Flash Firmware Semua Hp Samsung Via Odin

Diposting pada 22 views

Panduan Lengkap Bagaimana Cara Flash Firmware / Stock ROM Android Semua Jenis HP Samsung via Odin. Mungkin sebagian dari kawan-kawan semua sudah mengenal dengan istilah flash. Pada dasarnya, flash atau yang lebih dikenal dengan istilah install atau pemasangan (rom android) yaitu proses untuk memasang, melaksanakan downgrade / penginstallan ulang rom kedalam ponsel / device berbasis android, baik itu Android Lollipop (5.0.1), Marshmallow (6.0.1), Nougat (7.0) dan Oreo (8.0).

Pemasangan Stock / Custom ROM android bukanlah merupakan sebuah perkara sulit untuk dilakukan. Dan saya yakin bahwa semua orang niscaya sanggup melakukannya. Akan tetapi dibutuhkan sebuah pemahaman, ketelitian dan kehati-hatian sebelum atau ketika melakukannya.

Mengapa demikian, alasannya yaitu proses ini sangat rentan terhadap kegagalan yang sanggup menciptakan ponsel android tidak sanggup startup hingga homescreen. atau yang lebih dikenal dengan istilah bootlop. Kegagalan pemasangan sering terjadi alasannya yaitu adanya ketidaksesuaian antara ROM yang dipilih dengan ponsel android, contohnya versi karnel atau model yang tidak sesuai, pemilihan rom yang tidak sempurna dan hal-hal lainnya.

Untuk itu, berhati-hatilah dalam memilih. Carilah stock/custom rom yang sesuai dengan model ponsel samsung anda. Perhatikan juga kelebihan dan kekurangannya. Perhatika komentar orang-orang yang sudah mencobanya, alasannya yaitu setiap rom mempunyai kelebihan dan kekurangan (bug) masing-masing. Apabila masih ragu, cobalah untuk meminta saran kepada teman-teman, kerabat / orang yang sudah pernah memakai rom tersebut biar tidak salah dalam memilihnya.

Untuk pemasangan rom android, yang dalam hal ini yaitu ponsel samsung, ada 2 cara yang sanggup kita lakukan. #Pertama flash via ODIN (menggunakan komputer) dan yang #Kedua melalui sajian recovery. Namun, sesuai dengan judul, untuk ulasan kali ini saya hanya akan membahas mengenai flash via odin saja.

Odin merupakan aplikasi yang paling umum dipakai untuk flash Stock ROM / Firmware android dan menginstall custom recovery ibarat TWRP. Alasan lain mengapa banyak orang memakai aplikasi ini yaitu alasannya yaitu gampang dalam penggunaannya. Lalu bagaimana cara memakai aplikasi ini untuk memasang rom kedalam ponsel samsung? Berikut penjelasannya.

Cara Flasing Stock ROM / Firmware Android Samsung

Sebelum melaksanakan flash, poin paling penting yang harus dilakukan yaitu melaksanakan BACKUP, BACKUP dan BACKUP ROM. Karena apabila terjadi kesalahan ketika proses flashing, maka kita sanggup merestore (mengembalikan) ke posisi sebelumnya. Adapun alat serta aplikasi yang dibutuhkan yaitu sebagai berikut :

  1. Komputer (Desktop / Laptop)
  2. Siapkan Aplikasi Odin3 v3.12.3 dan Ekstrak filenya ke dalam komputer.
  3. Kabel USB (disarankan yang asli/original).
  4. Install Samsung USB Driver ke dalam komputer.
  5. Stock ROM / Firmware. Untuk mendapat Firmware Samsung, silahkan buka situs UPDATO.COM atau SAMMOBILE.COM.

Langkah #1. Install Samsung USB Driver kedalam komputer. Setelah selesai, restart komputer anda bila terdapat notifikasi seruan restart.

Langkah #2. Matikan ponsel. Masuk ke sajian downloading dengan cara menekan tombol “Power + Home + Volume Bawah” secara bersamaan selama kurang lebih 3 hingga 5 detik. Tekan lagi tombol “Volume Atas” untuk continue / melanjutkan.

Langkah #3. Apabila sudah berada pada sajian downloading, selanjutnya sambungkan ponsel ke komputer melalui kabel usb.

Langkah #4. Ekstrak ODIN dari file zip kemudian jalankan dengan cara klik kanan, pilih run as administrator. Sebelum lanjut, pastikan terdapat ID port usb di bawah “ID:COM”, bila tidak ada, coba ganti kabel usb atau pindahkan kabel usb ke port usb lainnya.

Langkah #5. Klik tombol “AP” dan cari kawasan dimana ROM android tersimpan (ekstensi file tar.md5) yang akan dipasang kedalam ponsel. Setelah ketemu, klik open kemudian lanjutkan dengan mengklik tombol start pada odin.

PENTING!

Saat proses pemasangan berlangsung, jangan sekali-kali mencabut kabel usb, menutup aplikasi odin atau mematikan komputer. Jika hal ini terjadi, maka proses pemasangan akan terhenti.

Langkah #6. Proses pemasangan ini akan memakan waktu beberapa menit. Silahkan tunggu. Setelah pemasangan simpulan dan berhasil, maka akan terdapat pesan “PASS!” di bab sebelah kiri atas odin. Pada tahap ini, anda sanggup mencabut kabel usb serta menutup aplikasi odin.

Langkah #7. Kembali ke ponsel. Secara otomatis ponsel akan melaksanakan restart / reboot. Sekali lagi tunggu beberapa ketika hingga ponsel masuk ke sajian pengaturan awal android. Selamat, pemasangan rom gres sudah selesai, Silahkan atur sesuai dengan cita-cita anda.

Cara Install atau Flash ROM Android ini, sanggup anda terapkan untuk Samsung Galaxy dengan Tipe atau Model berikut ini :

  • Samsung Galaxy J Series = SM-J100H, SM-J120G, SM-J105F, SM-J110G, SM-J111F, SM-J106B, SM-J200G, SM-G532G, SM-J320G, SM-J500G, SM-J510FN, SM-J700F, SM-G610F, SM-J710FN, SM-J730G
  • Samsung Galaxy A Series = SM-A320Y, SM-A300H, SM-A310F, SM-A500F, SM-A520F, SM-A510FD, SM-A710FD, SM-A720F, SM-A910F
  • Samsung Galaxy E Series = SM-E500H, SM-E700H
  • Samsung Galaxy S Series = SM-G920F, SM-G925F, SM-G9287C, SM-G930FD, SM-G935FD, SM-950FD, SM-955FD
  • Samsung Galaxy Note Series = SM-N910H, SM-N9208
  • Samsung Galaxy Tab Series = SM-P355, SM-T231, SM-T531, SM-T705, SM-T719Y, SM-T116NU, SM-T285, SM-T365, SM-T715Y, SM-T805, SM-T815Y, SM-T819Y, SM-T585Y, SM-T111
[Video] Tutorial Cara Install / Flash Stock ROM All Samsung :

Jika Gagal, Apa yang Harus Dilakukan?

Seperti yang sudah saya tekankan semenjak awal, bahwa poin penting yang harus dilakukan yaitu melaksanakan BACKUP terlebih dahulu. Karena bila terjadi kegagalan dalam pemasangan, maka kita sanggup melaksanakan restore kembali. Tetapi apabila anda lupa melaksanakan backup, cobalah untuk melaksanakan langkah-langkah berikut ini:

  1. Perbarui aplikasi ODIN dan USB Samsung Driver
  2. Ganti kabel usb atau pindahkan ke port usb lainnya
  3. Jalankan ulang kembali ODIN (Run as administrator)
  4. Download Ulang ROM Android. Pastikan Firmware tersebut sudah sesuai dengan model ponsel samsung anda.

Selamat mencoba, semoga berhasil dan DO WITH YOUR OWN RISK (DWYOR).