Cara Gampang Hard / Factory Reset Semua Hp Samsung

Diposting pada 26 views

Bagaimana Cara Melakukan Hard Reset / Factory Reset Semua Ponsel Samsung Dengan Mudah – Salah satu perusahaan terbesar dan hampir menguasai pasar smartphone / table berbasis Android di seluruh penjuru dunia ialah Samsung. Perusahaan ini berasal dari Asia Tenggara tepatnya Negara Korea Selatan yang sudah memproduksi puluhan ribu ponsel cendekia dengan aneka macam jenis dan model. Adapun sistem operasi andalan untuk mengoperasikan ponsel buatannya ialah OS Android yang diciptakan oleh Google.

Kerja sama antara keduanya menunjukkan fitur tanpa batas dan akomodasi kepada para penggunanya, baik dalam melaksanakan komunikasi, berselancar di dunia maya, bermain game, menonton video dan sebagainya. Pengoperasiannya pun terasa sangat mudah, bahkan sistem operasi Androidnya juga menunjukkan kebebasan terhadap penggunanya, meski terbatas untuk mengakses hampir semua fitur yang ada di dalamnya.

Meski mempunyai banyak fitur, smartphone Samsung terkadang mempunyai permasalahan-permasalahan pada sistem operasi Android yang ia gunakan, contohnya tampilannya tidak tepat yang diakibatkan oleh keliru dalam melaksanakan pengaturan, adanya aplikiasi yang dipasang manual yang tidak bisa dihapus setelahnya, ponsel terasa berat ketika dioperasikan, penggunanya ingin mengembalikan pengaturan awal dan lain sebagainya.

Nah solusi atas permasalahan yang sebagian besar sudah disebutkan di atas ialah dengan melaksanakan Factory Reset atau Hard Reset. Factory reset ini berfungsi untuk mengembalikan semua pengaturan ponsel ke posisi awal atau dengan kata lain kembali dalam keadaan gres (kondisi awal ketika ponsel dibeli). Dampak yang ditimbulkan sehabis selesai melaksanakan Hard / Factory Reset ialah mengakibatkan semua data / aplikasi yang tersimpan di memori internal smartphone android terhapus permanen.

Untuk melaksanakan Factory Reset, ada banyak cara yang bisa dilakukan, baik itu dengan melalui hidangan Backup dan Reset yang ada di hidangan pengaturan android, menekan kode diam-diam pada dial pad, atau melalui Recovery Mode dengan menekan tombol kombinasi. Nah, bagi anda yang ingin melaksanakan factory reset, sebaiknya lakukan backup / pindahkan data, file atau aplikasi yang ada di dalam memori (penyimpanan) internal ponsel ke kartu memori eksternal (SD Card) atau ke daerah penyimpanan lain menyerupai ke dalam hardisk komputer atau ke penyimpanan Cloud. Tujuannya ialah semoga data anda tidak ikut terhapus dan sehabis melaksanakan factory reset/hard reset anda bisa mengembalikannya ke keadaan menyerupai semula.

1. Hard / Factory Reset Samsung Melalui Menu Pengaturan Android

Cara pertama yang paling praktis untuk melaksanakan hard reset terhadap smartphone Samsung ialah melalui hidangan pengaturan Android. Untuk melakukannya, silahkan ikuti panduannya berikut ini:

  1. Buka hidangan “Settings/Pengaturan/Setelan“.
  2. Gulir ke bawah, temukan dan buka hidangan “Backup and Reset“.
  3. Gulir ke bawah lagi kemudian tap pada “Factory Data Reset“.
  4. Tap pada “RESET DEVICE“.
  5. Tekan “OK/Yes” untuk mengkonfirmasi pilihan anda.
  6. Secara otomatis ponsel akan melaksanakan restart.
  7. Proses reset mungkin membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 5 menit.
  8. Selesai.

2. Hard / Factory Reset Samsung Melalui Dial Pad

Proses hard reset yang kedua ini ialah salah satu cara praktis yang bisa dilakukan, alasannya ialah anda hanya perlu membuka hidangan dial pad atau papan telepon saja kemudian memasukkan kode diam-diam kedalamnya.

  1. Buka hidangan “Phone” (tempat untuk memasukkan nomor telepon).
  2. Tekan kode diam-diam *#*#7780#*#*, kemudian tekan “Call/Panggil“.
  3. Sebuah box kecil akan muncul untuk meminta konfirmasi anda, silahkan tekan “OK/Yes” untuk melanjutkan.
  4. Secara otomatis ponsel akan melaksanakan restart.
  5. Proses reset biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 5 menit. Tunggu hingga selesai.
  6. Selesai.

3. Hard / Factory Reset Samsung Melalui Recovery Mode (CWM)

Apa itu Recovery Mode? Recovery Mode ialah hidangan yang disediakan oleh penyedia untuk menunjukkan susukan kepada pengguna dalam melaksanakan beberapa pengaturan khusus. Contohnya melaksanakan instalasi Stock ROM, menghapus partisi kedua memori, backup dan restore serta melaksanakan Hard Reset / Wipe Data.

Hard Reset melalui recovery mempunyai keunggulan tersendiri apabila dibandingkan dengan memakai 2 cara yang ada di atas, alasannya ialah kedua cara di atas terkadang masih menyisakan sisa-sisa file (berkas) didalam penyimpanan telepon atau dengan kata lain tidak terlalu bersih. Sedangkan cara yang ketiga ini, bisa membersihkan sekitar 99% sisa-sisa file yang ada di dalam smarphone.

  1. Non aktifkan / matikan perangkat Samsung Android hingga off total.
  2. Tekan tombol fisik “Home + Volume Atas + Power” secara bersamaan hingga ponsel bergetar, kemudian lepaskan.
  3. Pilih hidangan “Wipe Data / Factory Reset“. Untuk memindahkan pilihan, gunakan Volume Atas / Bawah dan untuk menentukan hidangan tersebut, gunakan Tombol Power.
  4. Gunakan volume bawah untuk menentukan hidangan “Yes – Delete all user data” kemudian tekan “Tombol Power” untuk mengkonfirmasi pilihan.
  5. Tunggu beberapa ketika hingga prosesnya pembatalan data selesai.
  6. Terakhir, pilih hidangan “Reboot system now“.
  7. Selesai.
Peringatan!

Selain instruksi yang sudah diberikan di atas, jangan sekali-kali menentukan hidangan lain apabila anda tidak tau fungsinya apa.

Untuk beberapa tipe Samsung lainnya, ada juga yang memakai tombol kombinasi berbeda dengan Samsung pada umumnya. Beberapa daftar tersebut bisa anda lihat berikut ini.

  • Samsung Galaxy Mini, Ace, Gio dan Fit : Tombol Home + Power.
  • Samsung Galaxy 551, Galaxy Pro : Tombol T + Power.
  • Samsung Galaxy Y (Young) CDMA : Matikan perangkat » Tekan Tombol Power, ketika Logo Samsung Muncul » tekan tombol Volume Atas.
  • Samsung Galaxy Tab 7 (P1000) / Tab 7 Plus (P6200) : Tombol Volume Atas + Power.
  • Samsung Galaxy Chat GT-B5330 : Volume Bawah + Home + Power.
  • Samsung Galaxy Ace Plus : Vol UP + Vol Down + Home.

Demikianlah tutorial wacana Bagaimana Cara Melakukan Hard Reset / Factory Reset Ponsel Android Samsung pada kesempatan kali ini, semoga tutorial di atas bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Terima kasih dan salam.