Cara Bypass / Melewati Verifikasi Akun Google (Frp Lock) Samsung

Diposting pada 20 views

Banyakininfo.com – Seperti yang kita ketahui bersama, sesudah Android Lollipop versi 5.0.1 hingga Marshmallow versi 6.0.1 di rilis, tingkat keamanan yang disertakan di dalamnya semakin cantik dari versi sebelum-sebelumnya. Salah satunya yaitu pengamanan Factory Reset Protection atau FRP.

Apa itu FRP? FRP merupakan kependekan dari “Factory Reset Protection” yang berfungsi sebagai sistem proteksi Android, dimana perangkat android akan meminta verifikasi akun google (email dan sandi) sesaat sesudah selesai melaksanakan setelan ulang pabrik, Flash/Install ulang ROM / Firmware.

Akun verifikasi yang diminta untuk dimasukkan kembali bukanlah sembarang akun, melainkan akun yang terakhir kali dikenali perangkat android / akun sebelumnya. Jika tidak mengingatnya, maka perangkat tidak sanggup diakses kembali apabila tidak dilakukan penanganan dengan baik.

Fitur ini hampir sama sistem keamanan iCloud milik iOS, bila seseorang tidak mengingat / tidak sanggup mengakses akun yang dipakai pada perangkat tersebut, maka ponsel tersebut tidak akan sanggup digunakan.

Maka dari itu, sebelum melaksanakan Factory Reset, sebaiknya periksa terlebih dahulu akun google yang ada di dalam ponsel dan pastikan bahwa anda sanggup mengaksesnya. Namun bila sudah terlanjur melaksanakan hal tersebut dan lupa email/kata sandinya, maka anda sanggup melaksanakan bypass verifikasi akun google dengan 3 metode.

Pertama Menggunakan Metode Kabel OTG, kedua menggunakan Metode Sidesync dan yang ketiga Metode via ODIN (Tanpa Kabel OTG atau Sidesync).

Metode pertama, kedua dan ketiga mempunyai cara kerja yang hampir sama, yakni untuk menghapus akun usang dari dalam ponsel. Ketiga metode ini mengharuskan anda untuk menggukan perangkat komputer dan beberapa peralatan serta aplikasi yang diperlukan. Khusus untuk metode Kabel OTG, anda diharuskan untuk mempersiapkan kabel OTG Tersebut.

Mungkin anda bertanya-tanya “Apa itu kabel OTG?“. OTG merupakan kependekan dari On-The-Go, merupakan kabel yang sanggup dipakai untuk menghubungkan perangkat menyerupai flashdisk dengan ponsel Android. Dengan kata lain, salah satu ujung OTG merupakan port USB serta ujung yang lainnya yaitu port untuk disambungkan ke ponsel Android.

Kembali ke inti permasalahan, untuk tutorial kali ini, saya akan menjelaskan dua metode yakni Metode Cara Bypass Verifikasi Akun Google Menggunakan Kabel OTG dan Menggunakan Metode SideSync. Sedangkan untuk metode Tanpa menggunakan kabel OTG, anda sanggup membaca panduannya di Cara Bypass Verifikasi Akun Google (FRP Lock) via ODIN (Tanpa OTG / Sidesync).

Cara tersebut di atas sangat simple dan simpel untuk diterapkan atau digunakan. Oh ya, pada artikel tersebut juga terdapat video tutorial yang mungkin akan sangat membantu anda. Akan tetapi bila anda ingin mencoba cara lain, berikut dua cara yang sanggup anda coba.

Peringatan !!!

Jika kalian mengalami persoalan FRP Lock lantaran lupa username dan password akun lama, saya sarankan lebih baik membawanya ke service center terdekat yang ada di kota kalian.

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan isu yang ada di situs ini. Do With Your Own Risk (DWYOR).

1. Bypass Verifikasi Akun Google – Metode Kabel OTG

Step #1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan :

Step #2. Nyalakan ponsel, kemudian tekan “Next” hingga pada tahap penyambungan ke jaringan WiFi. Silahkan sambungkan ke jaringan wifi yang tersedia. Karena tanpa sambungan ke internet, tombol next tidak akan sanggup di tap.

Step #3. Setelah terhubung, lanjutkan lagi dengan menekan “next” hingga pada tahap “Verifikasi akun anda” atau “Verifying your account“. Pada tahap ini, silahkan sambungkan Kabel OTG ke ponsel, dimana pada ujung port USB sudah ada Flashdisk berisikan aplikasi Bypass any samsung google account.apk.

Penting !!!

Jika ponsel tidak mendeteksi flashdisk, silahkan ganti dengan yang lain lantaran ada beberapa jenis flashdisk / ponsel yang tidak kompatibel/support antara keduanya.

Step #4. Saat kabel OTG sudah terhubung, akan muncul jendela gres pada layar ponsel. Selanjutnya cari aplikasi Bypass yang ada di flashdisk.

Step #5. Install aplikasi bypass tersebut. Jika muncul kotak obrolan “Install Blocked“, tap pada “Settings” (lihat gambar di bawah) kemudian scroll ke bawah, dan ceklis atau aktifkan “Unknown sources“. Setelah itu pilih “Install“.

Step #6. Setelah proses install selesai, lanjutkan lagi dengan menekan “Open“. Secara otomatis anda akan diarahkan ke sajian “Settings“. Nah di belahan ini, buka “Backup and reset » Factory data reset » Reset device » Erase everything“. Secara otomatis, ponsel anda akan melaksanakan restart.

Step #7. Tunggu hingga proses restart selesai. Sambil menunggu, anda boleh mencabut kabel OTG dari ponsel.

Step #8. Setelah ponsel sudah restart, selanjutnya anda akan dihadapkan dengan proses aktivasi ponsel namun tidak ada lagi proses undangan Verifikasi Akun Google lagi. Kemudian ikuti terus petunjuknya hingga finish/selesai.

[Video] Tutorial Menggunakan Kabel OTG :

2. Bypass Verifikasi Akun Google – Metode Sidesync

Menggunakan metode sidesync bahwasanya hampir sama dengan metode kabel OTG, hanya saja pada ketika berada pada posisi verifikasi akun google, ponsel perlu disambungkan kedalam komputer PC/Laptop semoga sanggup sinkron dengan aplikasi Sidesync.

Langkah #1. Download dan Install Software SideSync kedalam komputer (PC/Laptop) kemudian jalankan. Untuk menguduhnya, silahkan kunjungi link ini : http://www.samsung.com/us/sidesync/.

Langkah #2. Buka ponsel, kemudian ikuti kode yang diberikan hingga ke tahap “sambungkan ke jaringan Wi-Fi“. Nah pada langkah ini, sahabat harus menyambukan ke wifi untuk sanggup tersambung ke jaringan internet. Karena tanpa sambungan internet, perintah next tidak akan sanggup di tap untuk lanjut ketahap selanjutnya. Setelah tersambung, sekali lagi ikuti kode yang diberikan hingga pada tahap verifikasi akun.

Langkah #3. Sambungkan ponsel ke komputer. Sesaat sesudah terhubung, akan ada pop-up yang muncul pada layar ponsel. Selanjutnya pilih “Chrome” (biasanya berada di tengah diantara Galaxy Apps dan Internet). Lanjutkan dengan mengklik Accept and Continue kemudian pilih No, Thank You. Pada tahap ini, anda sanggup mencabut kabel yang menghubungkan ponsel dengan komputer.

Langkah #4. Unduh aplikasi bypass any samsung google account.apk dengan mengetikkan URL “https://goo.gl/VkMaLo” di address kafe chrome kemudian klik go/enter. Anda akan diarahkan ke halaman aplikasi kemudian klik ok untuk melaksanakan download.

Langkah #5. Tap tombol kembali/back pada ponsel hingga pada halaman Term and Condition. Klik OK » Agree. Klik Search (ada di sudut kanan atas layar ponsel) kemudian ketik dan buka “ES File Explorer“.

Langkah #6. Pilih “Create Account” untuk menciptakan akun gres samsung atau pilih “Sign In” bila sudah memilikinya. Setelah proses pembuatan akun atau login selesai, selanjutnya klik “Accept and Download”. Tunggu hingga proses pemasangan selesai.

Langkah #7. Buka app ES File Explorer. Cari folder Download kemudian pilih aplikasi bypass any samsung google account.apk. Install aplikasi tersebut. Jika ada pesan error yang memblok pemasangannya, pilih “Setting” kemudian aktifkan “Unknown Sources“. Klik OK kemudian Install.

Langkah #8. Buka/Open aplikasi tersebut. Scroll ke bawah, temukan “Backup and Reset » Factory Data Reset » Reset Device » Erase Everything“. Ponsel akan melaksanakan restart. Tunggu beberapa ketika hingga ponsel menyala kembali.

Langkah #9. Setelah ponsel sudah restart, selanjutnya ikuti terus petunjuknya hingga finish/selesai. Untuk tahap ini, anda tidak perlu lagi menyambungkan ponsel ke jaringan wi-fi dan ponsel anda tidak akan meminta lagi verifikasi akun google.

Untuk menambahkan akun google milik anda sendiri, silahkan masuk ke Settings / Setelan » Akun » Tambah akun.

[Video] Tutorial Metode Sidesync

Rekomendasi Penggunaan Metode OTG dan Sidesync

Cara ini juga sanggup diterapkan untuk ponsel Asus, Oppo, Sony, HTC, Xiaomi, Motorola, Samsung yang menggunakan Sistem Operasi Android Lollipop dan Marshmallow. Adapun untuk model samsung, berikut ini yaitu model dan tipenya:

  • Samsung Galaxy J Series SM-J200F, SM-J200G, SM-J200GU, SM-J200H, SM-J320F, SM-J500F, SM-J500H, SM-J500G, SM-J500FN, SM-J700F, SM-J700H, SM-J730G
  • Samsung Galaxy A Series SM-A300H, SM-A310F, SM-A500F, SM-A510FD, SM-A710FD, SM-A800F, SM-A910F
  • Samsung Galaxy S Series S3, SM-G900F, SM-G900H, SM-G900FD, SM-G920F, SM-G920I, SM-G920T, EDGE SM-G925F, SM-G925I, SM-G925T
  • Samsung Galaxy S6 EDGE+ SM-G928F, SM-G928G, SM-G928I, G928G, G928T, SM-G928A
  • Samsung Galaxy Note 3, 4, 5 N920C, N920G, N920I, N920T
  • Samsung Galaxy Grand Prime SM-G531H, SM-G531F, SM-G530FZ
  • Samsung Galaxy Core Prime VE SM-G361H

Bantuan dan Saran Bypass Samsung Metode OTG dan Sidesync

Akun google yang akan anda masukkan untuk pertama kalinya kedalam ponsel, pastikan bahwa akun tersebut milik anda dan jangan sekali-kali meminta orang lain atau pihak toko untuk memasukkan email mereka. Namun apabila mempunyai ponsel bekas hasil dari pembelian atau santunan dari orang lain, minta email / password yang tersangkut di dalam ponsel atau anda sanggup meminta mereka untuk mengganti akunnya dengan akun google milik anda.

Tambahan : Apabila sahabat tidak sanggup menggunakan 2 cara di atas lantaran disebabkan oleh penggunaan Android Marhsmallow 6.0.1 atau versi yang lebih tinggi lagi, maka saya sarankan untuk melaksanakan downgrade ke Android Lollipop terlebih dahulu. Tujuannya yaitu untuk memudahkan sahabat melaksanakan bypass untuk ponsel sobat. Karena 2 cara di atas, sudah teruji untuk Android Lollipop.

Semoga tutorial mengenai “Panduan Bagaimana Cara Bypass/Melewati Verifikasi Akun Google Samsung” bermanfaat bagi anda. Jika ada yang kurang jelas, silahkan menanyakannya melalui kolom komentar. Terima kasih, salam.