Biografi Ariel

Diposting pada 59 views
You’ll Never Walk Alone – Nazril Irham atau lebih dikenal dengan panggilan Ariel atau Ariel NOAH ialah seorang vokalis band fenomenal, Peterpan yang kini berganti nama menjadi NOAH. Ariel lahir di Pangkalan Brandan, Langkat, Sumatera Utara , 16 September 1981. Ariel ialah anak bungsu dari 3 bersaudara darisuku Melayu. Ariel juga tercatat sebagai mahasiswa jurusan Arsitektur Universitas Parahyangan.
Ayah Ariel ialah seorang pegawai lapangan di perusahaan minyak Pertamina. Sementara ibunya ialah ibu rumah tangga biasa. Karena berprofesi sebagai pegawai lapangan, sang ayah bekerja di lokasi yang berpindah-pindah. Tinggal di Pangkalan Brandan beberapa bulan, Ariel kecil dan keluarga harus pindah ke Kota Langsa, sebuah kota yang ada di Nangroe Aceh Darussalam. Setelah tinggal di sana selama tujuh tahun, Ariel sekeluarga lantas pindah ke Bandung. Sebuah kota yang udah dianggap Ariel sebagai rumahnya sendiri.
Sejak kecil Ariel telah mengatakan talenta besar di bidang seni, tapi bukan di bidang menyanyi. Bakat seni yang terlihat dari Ariel justru di bidang menggambar. Dia sempat menjuarai beberapa perlombaan menggambar di Bandung.
Gara-gara hobi menggambar, Ariel sempet bercita-cita jadi arsitek. Tapi, di tengah perjalanan hidupnya, ia menemukan satu hobi gres yang diminatinya, yaitu bermain musik. Dari sinilah Ariel kemudian meniti karier.
Sejak kelas I SMP, Ariel telah intens membentuk band band. Band pertama yang dibentuknya berjulukan Peppermint. Sayang, nasib nih band ini hanya bertahan tujuh bulan.
Lantas, Ariel menciptakan band lagi berjulukan Sliver, Cholesterol dan Topi. Lagi-lagi, semuanya bubar di tengah jalan. Tapi, band yang disebut terakhir tidak mengecewakan berjasa buat kariernya. Beberapa orang yang tergabung di Topi –termasuk Ariel-, setuju membentuk band baru. Sebuah band yang diberi nama Peterpan dan bertahan hingga sekarang.
Bersama Peterpan, Ariel berupaya menembus kafe-kafe top di Bandung. Penampilan Peterpan yang atraktif plus vokal Ariel yang berkarakter rahasia menarik minat Noey –eks basis Java Jive yang belakangan jadi produser- untuk memasukkan lagu mereka dalam album kompilasi Kisah 2002 Malam. Lagu Mimpi Yang Sempurna yang termuat di album kompilasi itu sukses jadi modal buat Peterpan untuk menembus industri rekaman.
Tahun 2003, Peterpan merilis album Taman Langit. Album ini ternyata meledak. Harus diakui, salah satu faktor yang mendukung larisnya album ini ialah vokal Ariel dan kemampuannya mengolah lirik. Lirik-lirik yang dibuat pengagum Kahlil Gibran ini amat dalam. Mampu menyentuh dasar hati pendengar lagu-lagunya.

Wajar jikalau nama Ariel semakin melambung. Posisinya sebagai frontman memungkinkannya berubah menjadi jadi idola baru. Puncaknya, ketika album Bintang di Surga dirilis pertengahan 2004 lalu, yang menghasilkan penjualan album terbanyak sepanjang sejarah musik Indonesia, yaitu 3 juta keping. Ariel benar-benar jadi pujaan pencinta musik Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Selain berkarier di dunia musik, Ariel pernah menjadi bintang iklan. Ia menjadi model iklan Sunsilk bersama model Amy Lee. Selain itu, Ariel pun menjadi bintang film dalam film terkenal Sang Pemimpi. Ariel memerankan tokoh Arai, seorang perjaka yang tak pernah berhenti bermimpi.

Baca juga semua info ihwal NOAH disini