Bingung Apa Itu Bottleneck? Ini Penjelasannya

Diposting pada 46 views
Saya lihat di grub banyak yang mempermasalahkan bottleneck, nah rupanya ada yang tidak tahu juga apa itu bottleneck nah masuk akal kan kita insan niscaya ada tidak taunya hehe 😀 .

Nah pada kali ini aku akan menjelaskan pengertian bottleneck pada hardware komputer.
Bottleneck ini seringkali terjadi pada mereka yang gres merakit PC atau PC gaming, alasannya yaitu kesalan dalam menentukan hardware atau komponen yang sempurna untuk dipasang.

Oke pertama kita mulai dulu dengan namanya.

Kenapa Namanya Bottleneck?


kita lihat dulu dari “Bottle” ini berarti botol dan “neck” berarti leher jadi dapat diartikan Bottleneck itu Leher botol Oke logikanya gini, kalo bercermin pada apa itu Bottleneck maka kita tahu esensi dari namanya, leher botol kan sempit nah jadi keluar masuknya air akan terjadi perbedaan densitas begitu pula Bottleneck pada hardware yang kasus performanya tidak seimbang dengan hardware yang lain.

Apa itu Bottleneck?

Bottleneck terjadi dikala satu hardware tidak seimbang dengan hardware yang lain. Sehingga menciptakan kinerja PC/Komputer tidak optimal dan dapat sangat lambat, sehingga memengaruhi komponen yang lain, atau spesifikasinya tidak sebanding satu dengan yang lain. Hardware spesifikasi yang tinggi harus menyerah performa pada hardware yang lambat atau lebih kecil performanya, alasannya yaitu harus menunggu biar proses yang dibebankan kepada si biang ‘bottleneck’ selesai. Otomatis dampaknya, berimbas pada kinerja system.

Contoh Kasus : 

Simak teladan berikut hahaha…
Misalnya sebuah komputer, VGA-nya keren+tangguh+bagus bangettt, dan cepet lagi tapi RAM-nya atau MOTHERBOARD-nya masih rendah….
Akibatnya si Motherboard atau RAM tidak dapat nampung kecepatan dari vga dan balasannya menjadikan bottleneck. Performanya tidak maksimal, eh malah bikin hang 😀

ada yang mau menambahkan ?
atau ada yang kurang dari statement aku diatas ?
mohon dikomen sepakat 😀

Kesimpulan :

So… Pilihlah RAM, Motherboard, Processor, Harddisk dan hardware yang bersangkutan lainnya yang sesuai sehingga dapat mengimbangi kerja PC/Komputer kamu…

Penutup

Begitulah beberapa klarifikasi ihwal pengertian bottleneck. Semoga bermanfaat bagi semua teman yang membacanya dan ikuti terus perkembangan blog ini.
Terimakasih!