Beginilah Cara Mengelola Blog Yang Baik Dan Benar Bagi Blogger Pemula

Diposting pada 12 views

Kenyataannya menghasilkan uang dari internet tidak semudah yang dibicarakan. Tidak hanya menciptakan blog kemudian ditinggalkan dan otomatis menjadi mesin pencetak uang. Pada dasarnya blog butuh pengelolaan sebagaimana bisnis-bisnis yang lain. Jika tidak demikian maka bisa dipastikan blog anda akan menjadi bisnis yang gagal.

Sayangnya tidak semua orang menyadari apa yang seharusnya dilakukan dikala mengelola blog. Makanya tidak heran kalau dalam beberapa usang mengeluti dunia blogging hanya berbuah pengorbanan waktu dan tenaga. Bahkan dalam kurun waktu tersebut blog tidak juga menghasilkan uang sebagai ganti modal awal memulainya. Inilah yang mengakibatkan seorang blogger sering dilanda kekecewaan dan jenuh mengembangkannya.

Mengacu pada dilema blog tentu anda butuh taktik dan planning yang terperinci agar berhasil. Dalam hal ini cara mengelola blog yang baik dan benar menjadi penopang kesuksesan sebuah blog professional. Banyak blogger yang sukses dalam perencanaan dan sukses juga dalam hasil yang dicapai. Oleh alasannya itu anda harus mempunyai tata kelola blog yang baik dan benar agar usaha anda tidak sia-sia.

Kenyataannya menghasilkan uang dari internet tidak semudah yang dibicarakan Beginilah Cara Mengelola Blog yang Baik dan Benar bagi Blogger Pemula

Cara Mengelola Blog yang Baik dan Benar

1. Menyajikan tampilan blog yang menarik

Hal pertama dikala memulai blog yaitu menyiapkan jenis tampilan blog yang nantinya akan dikunjungi pembaca. Sebagian blogger mengira bahwa tampilan blog yang terlihat “Waah” yaitu daya tarik yang paling sempurna untuk para pengunjung.

Namun anutan ini ternyata salah.

Ketika blog anda tampil dengan halaman sangat glamor dengan widget-widget bermacam-macam menyerupai cuaca, jam, musik, video, kalender atau animasi maka tolong-menolong anda menciptakan para pengunjung untuk lari. Mengapa?

Kenyataannya pengunjung hanya ingin mengambil gosip yang anda sajikan. Mereka cenderung hirau terhadap hal lain yang tidak mereka butuhkan. Kalau begitu anda jangan menyajikan tampilan blog dengan bermacam-macam widget yang menciptakan konsentrasi membaca menjadi terganggu.

Terlebih lagi kalau ada iklan-iklan yang menghabiskan banyak ruang di halaman blog anda. Maka bisa dipastikan loading blog akan semakin lambat. Jika itu terjadi kesan apa yang mungkin mereka peroleh dari blog anda? Kecewa, jengkel, kesal atau marah-marah?

Kalau begitu apa yang harus dilakukan?

Jalan terbaiknya yaitu kesederhanaan.

Coba perhatikan blog-blog sukses yang ada diinternet menyerupai Dailyblogtips.com, Panduanim.com dan Sugeng.id. Mereka menyajikan tampilan blog yang sederhana, tetapi mempunyai kesan yang mendalam.

Selain itu mereka tidak memaksakan blog memperoleh penghasilan dari setiap peluang yang ada diantaranya google adsense, iklan mandiri, atau affiliasi. Sehingga tidak heran kalau tampilan blog mereka sangat menawan para pengunjung dan menciptakan mereka merasa kecewa kalau pribadi menutupnya. Inilah tips mengelola blog yang tepat untuk pengunjung..

Tersedia banyak template Blogspot atau WordPress yang ada diinternet. Silahkan anda cari sesuai dengan topik yang anda tentukan. Untuk pilihan sendiri ada template gratis dan premium. Sesuaikan saja dengan budget anda.

2. Menulis artikel

Apalah artinya tampilan blog yang menarik, tetapi tidak ada gosip yang harus dibaca pengunjung. Pengunjung itu haus akan gosip yang unik dan mencerahkan pengetahuan.

Merespon dilema tersebut tentu anda harus mempunyai konten yang memadai untuk mereka. Dalam hal ini tidak ada kata lain selain anda harus menulis artikel secara teratur.

Mungkin bagi sebagian orang menulis itu terasa sulit. Bagaimana tidak, jangankan menulis artikel dengan konsep yang terperinci dan gosip yang menarik. Sekedar menuliskan kata pertama untuk membentuk kalimat pembuka saja terkadang sulit dilakukan. Apalagi kalau anda tidak ada dasar dunia kepenulisan maka besar kemungkinan tidak ada artikel yang bisa anda selesaikan.

Meskipun demikian jangan terlalu khawatir. Ada solusinya.

Banyak orang mengira bahwa keterampilan menulis itu merupakan talenta alami. Namun kenyataan ini sangat keliru.

Melirik masa kemudian seorang blogger sukses atau penulis hebat. Tentu anda akan patahkan anggapan tersebut. Sebelum blogger sukses bisa menulis artikel berkualitas mereka mempunyai kebiasaan membaca artikel orang lain. Coba lihat postingan artikel pertama mereka dikala memulai blog. Pasti akan anda temukan artikel pertama mereka cenderung sederhana dan tidak mempunyai unsur penulis profesional.

Begitu juga dengan para penulis mahir yang menerbikan hasil karya ilmiahnya. Partama kali mereka mengajukan goresan pena mereka kepada penerbit maka sebagian penerbit menolaknya. Bahkan tidak jarang mereka mengolok-olok karya tersebut alasannya tidak layak edar.

Lalu bagaimana caranya mereka bisa menapaki jalan menuju gelar penulis professional atau penulis hebat?

Untuk menjadi penulis yang baik anda harus mempunyai kebiasaan para penulis, diantaranya banyak membaca dan latihan.

Ketika membaca goresan pena jangan terpaku pada maksud penulis menjelaskannya saja. Namun cobalah memahami gaya kepenulisan mereka, kata-kata yang sering mereka gunakan untuk memulai kalimat, dan cara mereka menciptakan pengunjung penasaran.

Adapun dikala anda sedang latihan menulis, mari sedikit bereksperimen dengan menggabungkan beberapa gaya kepenulisan orang lain dan merealisaikannya pada goresan pena anda. Dengan begitu anda tidak harus kursus menulis.

Jika anda rajin membaca dan konsisten latihan menulis maka saya yakin anda masuk jalur yang benar perihal cara mengelola blog. Dengan demikian anda bisa menghasilkan goresan pena yang baik, bermanfaat dan berkualitas untuk pembaca. 

 Baca: Tips Rahasia Cara Menulis Artikel yang Baik untuk Pembaca

3. Hindari plagiat artikel

Ketika anda menuntaskan artikel pertama sebaiknya jangan terburu-buru mempublikasikannya.

Masalah muncul alasannya sebagian orang mengambil beberapa bahan orang lain dan menggabungkannya menjadi goresan pena yang baru. Jika memakai teknik menulis pribadi (rewrite) mungkin tidak akan mendatangkan dilema hak cipta. Namun terkadang kenyataan berbicara lain.

Pada hakikatnya menulis artikel membutuhkan waktu beberapa jam. Dari sini sebagian blogger merasa jenuh melewati tahapan ini. Sehingga mereka menciptakan artikel dengan ambil bahan secara acak dan mentah dari beberapa goresan pena kemudian merangkumnya menjadi goresan pena sendiri.

Tentu saja hal ini termasuk pelanggaran copy-paste tahap berat. Bagaimana tidak, dikala artikel tersebut terdeteksi plagiat maka pihak Google mengintai pelanggaran tersebut. Jika positif copy-paste artikel walau 1 paragraf maka bisa jadi blog anda terkena pinalti. Bahkan yang paling parah kalau pengaduan tiba dari pemilik orisinil konten tersebut dan dilaporkan ke DCMA. Maka potensi blog anda dihapus dari mesin pencari Google sangat terbuka.

Oleh alasannya itu, meski saya merekomendasikan menumpulkan wangsit dari sumbar bacaan orang lain bukan berarti boleh melaksanakan copy-paste. Lebih baik teruslah berlatih menulis sehingga kemampuan menulis anda akan meningkat. Dengan begitu adan bisa mengelola blog dan jauh dari klaim hak cipta artikel orang lain.

 Baca: 5 Bahaya Artikel Copy Paste yang Menghancurkan Blog Anda

4. Praktis bersosialisasi

Manusia yaitu makhluk sosial yang butuh berinteraksi dengan orang lain. Bagitu juga keadaannya dengan seorang blogger yang cerdas. Anda butuh komunikasi dengan blogger yang lain baik itu yang sudah populer atau masih dalam tahap pengembangan otoritas.

Untuk berinteraksi dengan blogger lain bisa anda lakukan dalam beberapa hal diantaranya melalui pesan komentar yang masuk melalui postingan blog. Cobalah untuk menjawab semua komentar yang masuk (tentunya komentar yang baik, santun dan bermanfaat). Usahakan tanggapan anda memuaskan rasa ingin tahu mereka. Dengan begitu rasa kekeluargaan diantara anda dan pengunjung akan terjalin dengan baik.

Selain itu anda bisa berkomentar balik pada blog tersebut sebagai imbal balik kebaikan. Berikan komentar yang mencerdaskan dan saling mendukung sesame blogger. Jika ini bisa anda lakukan maka sifat sosial anda akan berbuah keberuntungan yang besar baik dari sisi psikologi atau materi.

Cara lain yang bisa anda gunakan untuk berinteraksi dengan orang lain yaitu melalui forum-forum yang sesuai dengan topik blog anda. Silahkan saling bertukar wangsit atau gagasan atau tanggapan yang menciptakan anda dan mereka saling membutuhkan. Kalau hal ini bisa terus anda pertahankan maka kemungkinan anda menjadi blogger sukses tidak akan usang lagi.

5. Optimasi mesin pencari

Bila anda ingin mengelola blog dengan cara yang baik dan baik maka ada satu hal lagi yang harus anda lakukan. Apa itu? Optimasi mesin pencari.

Agar blog anda berkembang dengan baik dan mendatangkan pengunjung yang melimpah, jangan lupa untuk berinteraksi dengan mesin pencari. Cara yang umum dilakukan yaitu mendaftarkan blog pada mesin pencari menyerupai Google, Bing, Yahoo dan lain-lain. Submit blog anda pada webmaster mereka.

Untuk mesin pencari Google kunjungi Webmaster Tool Google

Sedangkan untuk mesin pencari Bing kunjungi Webmaster Tool Bing.

Di samping cara tersebut anda bisa melaksanakan teknik blogwalking yaitu berkomentar pada halaman blog orang lain dengan meninggalkan link aktif. Meskipun begitu jangan asal berkomentar sehingga terkesan komentar spam.

Untuk blogwalking sendir sebaiknya anda menerapkannya pada blog dengan Domain Autority (DA) dan Page Autority (PA) dengan skor yang baik. Ini sangat penting mengingat DA dan PA menjelaskan berapa peringkat blog

Optimasi lain yang bisa anda lakukan yaitu submit blog pada banyak sekali direktori blog dan sosial bookmark.

Kesimpulannya, bisa disadari bahwa anda ingin menjadi blogger dan penulis yang professional dan kompeten. Namun demikian akan lebih gampang kalau anda mempunyai persiapan dan perencanaan yang terperinci dan terarah. Pelajari dan terapkan 5 cara mengelola blog di atas sehingga tujuan anda menciptakan blog menjadi berarti.