Bahaya Seblak Bagi Tubuh

Diposting pada 179 views

Kerupuk biasa di goreng, tapi beda dengan jajanan khas Jawa Barat, Seblak di olah dengan cara di rebus dengan menambahkan bumbu lain. Cara mengolah kerupuk dengan cara di rebus pada Seblak menyerupai dengan kerupuk kulit.

Bedanya kerupuk digoreng dan direbus mungkin jadi tidak kriuk-kriuk gimana gitu. Sama menyerupai kerupuk kulit oleh orang Padang digoreng, tapi jikalau orang Yogyakarta di olah menjadi krecek. Tidak pernah dengar kan orang yang sakit makan krecek?

Bahan kerupuk intinya di buat dari tepung tapioka kemudian ditambah bumbu menyerupai garam, gula, bawang putih dan di campur dengan ikan atau udang. Ada beberapa oknum yang curang mencampurkan campuran kerupuk dengan borak atau formalin biar lebih kenyal dan abadi ketika di simpan dalam waktu yang lama.

Penggunaan boraks pada panganan di larang keras sesuai Peraturan Mentri Kesehatan Nomor 003 Tahun 2012 ihwal Bahan Tambahan Pangan.

Terkait viral ihwal kasus anak yang alami peradangan usus buntu akhir konsumsi kerupuk kenyal dalam Seblak, Hardiansyah menyarankan kepada pemerintah setempat atau dinas kesehatan terkait untuk menanyakan dimana bawah umur membeli Seblak.

” Dinas Kesehatan atau Pemerintah dapat membawa sampel ke laboratorium, sehingga dapat diketahui ada kandungan materi berbahaya atau tidak,” saran Hardiansyah.

Usus buntu itu bukan bencana akhir mengkonsumsi semalam atau seminggu lalu. Tidak tahu juga anak yang makan Seblak setiap hari atau sebagainya.

Ini tentu saja menciptakan penggemar Seblak khawatir. Asalkan kerupuk yang dipakai kondusif serta frekuensi makan Seblak tidak sering, boleh-boleh saja mengkonsumsinya.

Kalau seminggu itu wajar, itu tidak masalah. Kemudian secukupnya saja jikalau makan Seblak jangan semangkuk atau sebaskom.

Biasakan juga anda makan beragam, misalkan dikala makan Seblak ditambah sayur. Sehingga ada serat serta karbohidrat di dalamnya. Bisa juga, siang makan Seblak nanti malam makan sayur dan buah-buahan. Dan jangan lupa perbanyak minum air putih, sebab cairan mambantu pencernaan menjadi lancar dan tidak sembelit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *