Bagian-Bagian Mata Dan Fungsinya

Diposting pada 19 views
Bagian-bagian Mata dan Fungsinya – Mata ialah indera penglihatan pada insan yang keberadaannya dalam menunjang kehidupan insan sangatlah penting. Jika tak ada mata pada manusia, pastinya insan tidak akan sanggup melihat indahnya dunia ini, takkan sanggup membaca, memakan, berlari, dan lain sebagainya. Allah telah membuat insan dengan bentuknya yang sempurna, selain ada mata yang berfungsi untuk melihat, ada juga indera pendengaran untuk mendengar, hidung untuk bernapas, kaki untuk berjalan, alis untuk menghindarkan mata dari benda abnormal dan keringan, serta masih banyak lagi bab badan yang sangat penting selain mata.
Bagian-bagian mata cukup banyak, antara lain kornea, iris mata, retina, pupil, saraf optik, kelopak mata, otot mata, dan lain-lain yang setiap bab mata mempunyai fungsi masing-masing. Seperti kornea yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada retina. Mata sanggup melihat alasannya yakni ada cahaya yang datang, Anda pernah mencicipi bukan jikalau di kawasan gelap yang tidak terdapat cahaya sedikitpun kita tak sanggup melihat apa-apa? Ya, itulah cara supaya mata sanggup melihat, kemudian bagaimana bagian-bagian mata dan fungsinya sanggup bekerja dengan baik, silahkan baca ulasan lengkapnya dibawah ini.
 Mata ialah indera penglihatan pada insan yang keberadaannya dalam menunjang kehidupan m Bagian-bagian Mata dan Fungsinya

Bagian Mata dan Fungsinya

1. Iris Mata – Iris yakni cincin otot yang terdapat di bab tengah mata, yang membantu dalam mengatur jumlah cahaya yang memasuki mata dengan mengontrol ukuran pupil.
2. Pupil – Adalah sebuah lubang di tengah iris yang merupakan kawasan dimana cahaya melewati dan jatuh pada lensa mata. Ukurannya sendiri dikontrol oleh iris.
3. Kornea – Kornea yakni jaringan transparan di depan mata di mana cahaya yang tiba dari sebuah benda masuk ke mata. Hal ini juga membantu dalam memfokuskan cahaya pada retina.
4. Retina – Adalah bab mata yang bertanggung jawab untuk mengubah cahaya yang jatuh di atasnya menjadi impuls listrik yang nantinya sanggup dikirim ke otak. Retina mengandung sel fotoreseptor yang sangat sensitif terhadap cahaya atau disebut batang dan kerucut. Batang disini sanggup membantu dalam visi hitam dan putih dan untuk melihat dalam cahaya yang redup, sedangkan kerucut berfungsi untuk membantu penglihatan pada siang hari dan warna.
5. Otot Siliari – Merupakan jaringan berbentuk cincin yang memegang dan mengontrol pergerakan lensa mata, dan alasannya yakni itu, membantu dalam mengendalikan bentuk lensa.
6. Syaraf Optik – Adalah penerus rangsang cahaya dari retina ke otak. Saraf mata ataupun yang biasa di sebut dengan saraf optik ini mempunyai fungsi untuk meneruskan sebuah rangsang cahaya sampai ke otak.
7. Kelopak Mata – Merupakan bab mata yang membantu dalam pemberian dan pelumasan mata manusia. Kelopak juga membantu mata untuk mengendalikan jumlah cahaya yang jatuh ke mata manusia.
8. Vitreus Humor – Ialah cairan bening yang mengisi rongga mata. Fungsinya ialah meneruskan cahaya dari lensa ke retina.
9. Lensa Mata – Membantu untuk memfokuskan cahaya di retina. Lensa mata juga sanggup mengubah bentuknya sehingga memungkinkan insan untuk sanggup melihat objek yang berjarak akrab dan jauh.
10. Otot Mata – Adalah bab mata yang bertanggung jawab di bab atas dan bawah, serta gerakan kiri dan ke kanan mata.
Itulah beberapa Bagian Mata dan Fungsinya pada manusia, jikalau ditelaah lebih dalam memang sungguh menakjubkan apa yang ada pada mata kita, meskipun bentuknya kecil tetapi banyak bab yang fungsinya sangat luar biasa supaya mata sanggup berfungsi secara normal. Jangan lupa membaca Makna Sumpah Pemuda untuk menambah pengetahuanmu.