Apa Itu Client Side Scripting Dan Server Side Scripting?

Diposting pada 14 views

Pada dunia pemrograman memang aneka macam istilah teknologi-teknologi yang harus dipelajari jikalau kita ingin tahu bagaimana cara kerja suatu website terlebih lagi bahasa-bahasa pemrograman yang dipakai.

Pada dunia pemrograman memang aneka macam istilah teknologi Apa Itu Client Side Scripting dan Server Side Scripting?
Client Side dan Server Side

Ada aneka macam website di lautan internet dan tujuan serta kegunaannya juga niscaya beda-beda, programmer harus dapat menguasai dua atau lebih bahasa pemrograman diantaranya bahasa jadwal klien dan juga server guna menciptakan website sesuai kebutuhannya ibarat website statis maupun dinamis.

Sebelumnya saya pernah membahas pengertian dari kedua jenis website yaitu website statis dan website dinamis, nah pada kali ini kita akan membahas lagi dasar dari kedua website ini yaitu client side scripting dan server side scripting. Berikut pembahasannya.

Apa Itu Client Side Scripting?

Client Side Scripting ialah tehnik bahasa pemrograman yang proses atau pengolahan datanya dilakukan pada sisi client atau komputer/browser pengguna, artinya semua aba-aba perintah dari bahasa Client Side scripting ini akan diolah pada browser setiap pengguna yang mengunjungi suatu website, pada browser sendiri sudah ada library dari bahasa Client Side Scripting. Contoh bahasa Client Side Scripting ibarat HTML (bahasa markup), CSS, Java Script, dan bahasa-bahasa lainnya. 

Apa Itu Server Side Scripting?

Server Side Scripting ialah tehnik bahasa pemrograman dimana datanya diproses pada sisi server atau server side. Server Side Scripting biasanya digunakan untuk menciptakan interface website menjadi dinamis dan interaktif misalnya mengirim data yang di input user pada form HTML, menampilkan data dari database, mengubah data pada suatu website dan banyak lainnya yang dapat dilakukan dengan bahasa server side scripting. Contoh bahasa Server Side Scripting Seperti PHP, ASP, JSP (Java Server Page) dan lain-lain.

Penutup

Itu saja definisi dari Client Side Scripting dan Server Side Scripting. Semoga kau semua mengerti, dan jangan lupa ikuti terus blog ini biar tidak kelewatan banyak artikel menarik lainnya. Terimakasih.