Apa Itu Alexa Traffic Rank ?

Diposting pada 30 views
Bagi lebih banyak didominasi blogger terutama bagi yang sudah usang blogging alexa traffic rank yaitu istilah yang sudah familiar ditelinga mereka. Alexa traffic rank yang semakin kecil yaitu bukti positif konsistensi dan keseriusan blogging yang mereka bangun. Blog yang mempunyai aleaxa traffic rank yang kecil
menandakan bahwa blog mereka telah menjadi blog otoritas (rujukan) pada topik yang mereka geluti.

Kalau begitu apa itu alexa traffic rank dan mengapa penting bagi sebuah blog ?
Alexa traffic rank merupakan peringkat suatu blog atau situs tertentu. Adapun penilaiannya menurut history dari data yang terjadi dalam kurun waktu tertentu (bulan) yang dikumpulkan dari seorang pengguna alexa toolbar. Dan juga menurut sumber data kemudian lintas yang perhitungannya mengacu pada jumlah pengunjung dan jumlah pageview dari blog / situs tersebut.

Pendataan alexa traffic rank dilakukan oleh Alexa.com yang masih merupakan milik dari Amazon.com. Blog / situs mempunyai peringkat alexa traffic rank yang berbeda – beda. Adapun blog / situs yang gres dibentuk biasanya belum mempunyai peringkat alexa. Ketika blog / situs sudah berumur, mempunyai konten artikel serta sudah mulai rutin dikunjungi pembaca barulah peringkat alexa traffic rank muncul.

Untuk peringkat alexa traffic rank blog / situs dimulai dari yang paling besar (bisa puluhan juta.  blog saya awal mempunyai alexa lebih dari 17 juta) hingga yang terkecil (peringkat 1 ibarat Google atau facebook).  Kenapa google dan Facebook pemilik alexa terkecil? Ini alasannya yaitu alexa menghitung menurut kepopuleran situs tersebut. Saat ini Google dan Facebook yaitu 2 situs yang paling dicari – cari diinternet.

Kembali ke pembahasan alexa traffic rank.
Bagi kita yang merupakan blogger berdikari pentingkah mempunyai peringkat alexa traffic rank?
Ini tergantung kepada langsung masing – masing. Alasannya cukup sederhana. Bagi Anda yang mempunyai blog sekedar untuk sharing pengalaman, hobi, curhat dan lain – lain peringkat alexa tidak terlalu penting. Cukup diketahui sesama teman sudah disekitarnya.

Adapun bagi Anda yang mempunyai blog untuk tujuan komersil tentu saja peringkat alexa sangat penting. Blog yang dibangun dengan visi misi mencari uang aksesori peringkat alexa yang kecil sangat dibutuhkan. Peringkat alexa yang kecil menunjukan blog ramai dikunjungi dan dibaca banyak orang.

Dengan alexa traffic rank yang semakin kecil peluang untuk memonetisasi blog menjadi semakin mudah. Monetisasi blog sanggup berupa PPC ibarat Goolge Adsense, affiliasi, menyewakan space iklan mandiri, dan masih banyak lagi tergantung dari topik wacana apa blog itu membahas. (baca : Cara Memilih Topik Yang Terbaik Bagi Blog Anda)

Peringkat alexa traffic rank ini berbanding terbalik dengan peringkat page rank suatu blog di mana page rank semakin besar semakin baik. Page rank dihitung dari 1 hingga 10. Untuk lebih detailnya membutuhkan pembahasan tersendiri.