7 Tips Jitu Cara Menghadapi Persaingan Website Atau Blog Yang Semakin Ketat

Diposting pada 7 views

Sudah menjadi belakang layar umum bahwa internet telah menjadi ladang penulis untuk bisa dikenal oleh orang banyak. Maka dari itu tidak heran kalau kini ini banyak penulis baik itu yang sudah berpengalaman atau penulis gres yang berbondong-bondong menciptakan blog pribadi. Tentu saja ini menjadi kabar bangga alasannya ialah mereka telah sadar untuk selalu mengembangkan ilmu pengetahuan dan pengalaman kepada orang lain.

Sayangnya perkembangan blog yang semakin luas menyampaikan dampak persaingan yang semakin ketat bagi para pengelolanya. Ini bisa dilihat dari jumlah blog pribadi yang semakin usang semakin banyak. Bahkan diantara mereka ada yang mempunyai blog lebih dari 10 buah. Meskipun demikian sebetulnya ini merupakan tantangan jaman yang menjadi konsekuensinya. Dari sini bisa anda lihat mana blog yang dikelola dengan baik dan yang tidak.
 
Terlepas dari hal tersebut sebetulnya bagaimana sih menghadapi persaingan blog yang semakin ketat ini? Pertanyaan yang sederhana, tetapi membutuhkan balasan yang cerdas. Kalau begitu mari kita mulai!

Sudah menjadi belakang layar umum bahwa internet telah menjadi ladang penulis untuk bisa dikenal  7 Tips Jitu Cara Menghadapi Persaingan Website atau Blog yang Semakin Ketat

Tips mengelola blog supaya bisa bersaing diinternet

1. Konsisten Menulis Artikel

Siapapun anda jangan pernah mengangap remeh duduk masalah update artikel diblog. Tugas ini menjadi sangat penting untuk dilakukan secara rutin. Jika blog anda masih tergolong gres maka usahakan untuk update artikel setiap hari. Ini penting untuk menjaga pertumbuhan blog ke arah yang benar.

Merupakan kesalahan kalau anda menganggap sehabis menciptakan blog dan menulis beberapa postingan artikel kemudian anda bisa istirahat. Di luar sana banyak blogger yang saling salip untuk memperbanyak postingan diblog mereka. Bahkan ini juga dilakukan oleh blog-blog yang bisa dikatakan mapan dari segi penghasilan atau jumlah pengunjung.

Mengacu pada hal ini maka tidak ada kata lain selain anda harus berjuang dan bekerja keras memperbanyak postingan diblog. Capek sih, tetapi coba berpikir lebih jauh lagi ke depan. Bayangkan kalau anda melaksanakan update artikel hanya kadang kala maka kemungkinan besarnya blog anda sangat susah untuk bisa bersaing ditengah ketatnya konten-konten artikel yang banyak dan bervariasi.

2. Praktis menyesuaikan diri dengan algoritma search engine

Pada dasarnya apa yang anda lakukan pada blog harus sejalan dengan kebijakan search engine (mesin pencari) itu sendiri. Mengacu pada peraturan dan tata tertib yang mereka jalankan. Dengan demikian blog anda tetap “disayang” oleh mesin pencari ibarat Google dan mendapat posisi yang baik.

Kaprikornus teruslah asah pengetahuan anda perihal algoritma Google yang paling baru. Cari tahu teknik SEO yang mutahir itu, merujuk pada apa saja dan bagaimana cara menghadapinya. Maka dari itu anda harus terus berkembang dan dilarang berpuas diri dengan pencapaian sekarang. Jika anda lengah maka anda akan kalah dalam persaingan blog yang ketat dan penuh tantangan ini.

3. Mengikuti tren dalam saluran blog melalui internet

Dulu mungkin saluran blog dengan tampilan komputer atau dekstop menjadi contoh yang digembar-gemborkan. Namun semakin ke sini perubahan mulai terjadi. Para pengguna internet semakin dimanjakan dengan membludaknya smartphone dengan harga relatif murah. Karena itu tidak heran kalau mereka lebih suks mengakses internet dengan tampilan mobile mereka .

Ini merupakan perkembangan yang tidak bisa dibantah. Jadi, kalau anda mau menciptakan blog maka contoh tampilan blog anda harus bisa yummy dilihat dengan tampilan mobile friendly dan dekstop (komputer / laptop). Ada banyak situs yang menyampaikan template / theme blog yang mobile friendly. Anda bisa mencarinya sendiri mulai dari yang gratisan hingga berbayar.

4. Upgrade kualitas artikel diblog

Untuk bisa bersaing dengan blog-blog yang mempunyai popularitas tinggi maka anda juga harus melaksanakan peningkatan. Maksudnya anda harus berjuang menyajikan artikel-artikel yang lebih berkualitas dari artikel-artikel anda sebelumnya. Tuntutan ini menjadi keharusan yang konkret semoga blog anda tidak kalah persaingan.

Tenang saja anda tidak perlu memikirkan hal ini terlalu rumit sehingga anda menjadi pusing sendiri. Mengapa?

Pada kenyataannya dikala anda banyak menulis maka semakin usang kemampuan anda menghasilkan artikel akan semakin baik dan berkualitas. Meskipun begitu jangan terlalu mengandalkan metode ini alasannya ialah kemampuan anda hanya akan berkembang secara perlahan. Anda perlu cara aksesori supaya kemampuan menulis anda berkembang dengan cepat. Lalu apa caranya?

Yup, sering-seringlah membaca buku “best seller”, artikel berkualitas atau sumber bacaan lain sehingga anda memahami teknik mereka dalam menarik pembaca mereka. Perlu proses dan waktu, tetapi kalau anda bersabar jalan anda akan semakin mudah.

Baca: Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Paling Efektif dan Efisien

5. Perbarui artikel usang yang tidak relevan

Dalam beberapa masalah artikel yang sudah usang anda terbitkan diblog kemungkinan sudah tidak relevan lagi dengan kondisi sekarang. Maka dari itu anda harus memperbaruinya.

Artikel yang sudah tidak relevan biasanya sulit untuk menarik calon pengunjung. Apalagi kalau hal itu berbicara perihal tutorial. Kenyataannya tampilan sebuah situs mengalami perubahan dalam kurun waktu tertentu. Karena itu kalau anda menciptakan artikel tutorial sedangkan tampilannya sudah tidak sama maka kemungkinannya pribadi di close oleh pengunjung bahkan dikala mereka belum sempat membacanya.

Mengacu pada hal di atas menulis ulang artikel yang sudah usang bisa mengurangi “kebencian” pengunjung terhadap blog. Selain itu merupakan alternatif untuk menambah jumlah artikel anda diblog. Jadi, bukan merupakan pekerjaan yang sia-sia juga.

6. Mempelajari teknik menulis menurut halaman pertama mesin pencari

Merupakan kabar bangga dikala anda bisa menulis artikel dan bercokol dihalaman pertama mesin pencari. Berarti anda bisa dibilang hebat dalam masalah tertentu.
Melihat hal ini seharusnya anda mempelajari kelebihan artikel tersebut dan mencoba menerapkannya pada artikel selanjutnya. Bagaimanan pun jga niscaya ada formula sehingga bisa tampil dihalaman pertama search engin. Cara ini terbilang efektif untuk mengukur tingkat keterampilan anda dalam menulis yang berkualitas.

Jika anda belum mempunyai artikel ibarat ini maka cobalah mempelajari artikel orang lain yang sudah populer. Amati, tiru dan modifikasi teknik yang mereka terapkan dalam menulis. Tentu saja tidak semudah mengatakannya. Namun kalau anda berhasil menemukan kuncinya maka besar kemungkinannya blog anda bisa bersaing dengan blog-blog tersebut.

7. Tulis artikel dengan jumlah kata lebih banyak

Jika anda sering menulis artikel dengan jumlah kata terbatas (300 hingga 1000 kata) maka mulailah menulis artikel yang lebih panjang. Kenyataannya artikel yang paling banyak di share orang di media umum ialah artikel di atas 2000 kata. Tentu saja alasannya ialah dinilai pembahasannya cukup mendetail. Kalau anda dulunya fokus dengan artikel yang pendek-pendek maka mulailah menulis artikel yang lebih panjang.

Saya menyadari bahwa hal itu tidak semudah mengatakannya. Namun kalau anda berhasil menulis artikel yang panjang maka besar kemungkinannya artikel anda bisa masuk halaman pertama mesin pencari.

Baca: Inilah Manfaat Menulis Artikel yang Panjang

Kesimpulannya, terlepas dari 7 cara di atas mungkin masih anda cara lain yang tidak saya masukkan. Maka dari itu kalau anda menemukan cara lain yang efektif untuk menghadapi persaingan blog yang semakin ketat silahkan lanjutkan pada kolom komentar. Meskipun begitu saya rasa apa yang saya sebutkan di atas sudah menjadi tuntutan niscaya untuk memenangkan persaingan blog di search engine ibarat Google.