7 Penyebab Kronis Blog Sepi Pengunjung Dan Cara Mengatasinya Dengan Efektif

Diposting pada 11 views

Bagaimana perasaan anda saat mendapati jumlah pengunjung hingga ribuan orang perhari?
Tidak sanggup dipungkiri bahwa hal itu kabar yang menggembirakan. Bagaimana tidak saat seorang blogger menciptakan blog maka targetnya yaitu mendapat jumlah pengunjung yang melimpah. Dengan alasan ini maka blog gampang dimonetisasi dan menghasilkan banyak uang. Selain itu personal branding akan terbentuk sehingga gampang mendapat kepercayaan dari banyak orang.

Akan tetapi problem muncul alasannya pengunjung blog tidak mengalami peningkatan. Bahkan dalam beberapa bulan pengunjung hanya bisa dihitung dengan jari. Tentu ini menjadi beban psikologis seorang blogger alasannya kerja kerasnya belum terbayarkan.

Kalau sepi pengunjung alasannya blog masih gres mungkin masuk akal alasannya butuh waktu bagi mesin pencari mengenalinya sebelum menentukan kualitasnya. Makanya tidak heran kalau blog yang masih gres sulit menempati halaman pertama search engine Google.

Namun bagaimana kalau blog anda sudah berumur lama, tetapi pengunjung tidak mengalami peningkatan jumlah. Inilah yang terkadang menjadikan anda malas menyebarkan blog kembali.

Bagaimana perasaan anda saat mendapati jumlah pengunjung hingga ribuan orang perhari 7 Penyebab Kronis Blog Sepi Pengunjung dan Cara Mengatasinya dengan Efektif

Penyebab blog sepi pengunjung dan cara mengatasinya

1. Jumlah postingan

Untuk menggaet pengunjung tentu diperlukan sebuah magnet sebagai daya tarik. Kondisi ini berlaku juga bagi blog yang anda miliki. Jika anda tidak mempunyai magnet berupa artikel maka pengunjung tidak akan tertarik.

Artikel yaitu nyawa dari sebuah blog. Semakin banyak jumlah artikel maka ruang pembahasannya semakin lengkap dan mendetail. Sedangkan blog yang hanya mempunyai beberapa artikel cenderung menydiakan artikel sepotong-sepotong. Sehingga saat selesai membacanya masih harus membuka blog lainnya sebagai perhiasan informasi. Inilah yang menimbulkan pengunjung merasa tidak ada alasan untuk kembali dalam waktu dekat.

Maka dari itu terus perbaharui blog anda dengan rutin memposting artikel. Semakin banyak jumlah artikel yang anda sajikan maka semakin banyak pula daya tarik yang dikeluarkan.

Pengunjung sangat menyukai blog yang menyajikan bermacam-macam informasi relevan dalam sekali berkunjung. Untuk mempermudah hal ini anda harus mempunyai ide dan ilham menulis yang menggunung. Sehingga anda tidak kesulitan memposting artikel berikutnya.

Baca: 9 Sumber Inspirasi Menulis Artikel yang Menyegarkan Pikiran Anda

2. Kualitas artikel

Ketika blog anda hanya berisi beberapa artikel contohnya 10 buah. Maka tolak ukur pembahasannya masih terbatas sehingga tidak sanggup memenuhi keinginan pembaca. Masih elok kalau 10 artikel tersebut mempunyai kualitas tinggi dengan jumlah kata di atas 2000.

Namun bagaimana karenanya kalau artikel anda hanya mempunyai rata-rata 400-500 kata. Tentu bukan hal yang gampang untuk bersaing dengan artikel blog lain dengan jumlah kata lebih banyak. Ingat, pada kenyataannya artikel yang menempati halaman pertama search engine biasanya mempunyai jumlah kata di atas 700. Jadi, jangan ragu menulis artikel lebih panjang agar blog anda ramai pengunjung.

Salah satu ciri artikel berkualitas yaitu mempunyai susunan pembahasan yang terang dan tidak berbelit-belit untuk memperbanyak jumlah kata. Artikel yang disukai Google juga harus menerapkan teknik SEO yang benar. Artinya tidak melulu memakai pengulangan kata kunci yang akan dibidik dalam setiap paragraf. Sehingga menjadikan kesan tidak masuk akal dan rancu dipahami. Artikel sebaiknya memakai teknik semantik dengan melibatkan sinonim kata kunci atau mempunyai relevansi kata kunci.

Baca: Tips Rahasia Cara Menulis Artikel yang Baik untuk Pembaca

3. Peringkat blog

Ketika anda telah bisa menulis artikel berkualitas sebetulnya hal itu belum menjamin blog anda akan ramai pengunjung. Masalah muncul alasannya peringkat blog menghipnotis dapat dipercaya blog. Jika blog anda mempunyai peringkat rendah maka kemungkinan mendapat pengunjung juga masih sulit.

Meskipun begitu jangan terlalu berkecil hati membaca hal ini. Terlepas dari kenyataan tersebut anda perlu tahu bahwa semakin banyak anda menerbitkan artikel berkualitas maka semakin baik bagi peringkat blog. Mungkin butuh waktu beberapa bulan untuk memperoleh peringkat atas. Namun dengan memperhatikan hasil kerja keras anda saya yakin search engine akan memperlihatkan peringkat yang bagi blog anda.

4. SEO on page blog

Ada banyak sekali hal yang menghipnotis peringkat artikel anda di search engine salah satunya SEO. Terlepas dari kata kunci yang anda bidik dan jumlah kata yang bisa anda tulis sebetulnya masih perlu SEO on page blog. SEO ini meliputi meningkatkan secara optimal template blog, permalink dan meta deskripsi.

Untuk meningkatkan secara optimal template blog mungkin masih susah bagi anda. namun demikian ada cara praktisnya yaitu membeli template premium atau berbayar. Ada bermacam-macam jenis template premium yang ada diinternet anda bisa mencarinya sendiri. Sedangkan untuk problem permalink mengenai link halaman posting yang muncul pada search engine.

Contoh permalink

Permalink di atas yaitu “cara-mudah-belajar-menulis-artikel”. Permalink yang baik yaitu permalink yang melibatkan kata kunci yang sedang anda bidik. Jika permalink ini tidak meliputi kata kunci maka kecil impian halaman postingan blog anda memperoleh posisi yang baik disearch engine.

Adapun untuk meta deskripsi yaitu teknik SEO yang menjelaskan deskripsi singkat dari halaman postingan blog. Deskripsi juga melibatkan kata kunci yang dibidik hanya saja ada tambahan kata kunci relevan atau turunan sehingga lebih informatif bagi calon pembaca. Meta deskripsi biasanya akan muncul di bawah halaman postingan pada search engine. Jadi, buat meta deskripsi yang unik dan menarik sehingga bisa menarik pengunjung.

5. Tampilan blog

Untuk yang satu ini rasanya sudah menjadi diam-diam umum bahwa tampilan bisa menarik hasrat pembaca untuk berkunjung. Oleh alasannya itu pemilik blog sering mengotak-atik tampilan agar blog terlihat lebih unik dan menyenangkan.

Meskipun demikian sebetulnya apa tolak ukur tampilan blog yang baik?

Sebagian blogger alasannya ingin tampil beda sering menciptakan kesalahan besar yaitu mendesain tampilan tanpa pertimbangan. Akibatnya saat orang berkunjung cepat-cepat menutup halaman tersebut. Bagaimana tidak tampilan blog menjengkelkan alasannya terlihat ramai dan sibuk akhir banyak iklan. Belum lagi penggunaan warna yang mencolok sehingga pembaca merasa terganggu. Apalagi kalau pembaca sulit menemukan navigasi blog sehingga resah harus melaksanakan apa. Inilah yang menimbulkan pengunjung lari bahkan saat mereka belum sempat membaca postingan anda.

Padahal untuk menarik pengunjung dengan tampilan blog tidak serumit itu. Hal ini dibuktikan dengan banyak blog dengan tampilan sederhana. Namun mempunyai jumlah pengunjung yang menggila. Jadi, sebelum menentukan jenis tampilan blog sebaiknya anda cek terlebih dahulu. Jika anda sendiri merasa terganggu dengan tampilan tersebut berarti hal itu dihentikan anda terapkan pada blog.

Jauh dari itu loading blog juga sangat menentukan. Loading yang lambat cenderung menciptakan calon pengunjung merasa bosan untuk menunggu. Akibatnya mereka menentukan blog lain yang lebih cepat mereka akses. Oleh alasannya itu perhatikan juga widget atau plugin yang anda gunakan. Jangan hingga perjuangan anda hanya berbuah kekecewaan bagi pengunjung.

6. Share media sosial

Ketika anda telah memposting artikel jangan lupa untuk membagikannya di media umum menyerupai Facebook, Twitter, Google+ dan lain-lain. Meskipun hal ini sederhana, tetapi mempunyai dampak yang luar biasa untuk menarik pengunjung. Kenyataannya media umum telah mempunyai pengguna ratusan juga di seluruh dunia. Sehingga saat anda banyak sekali kepada mereka maka besar impian anda untuk memperoleh visitor yang banyak.

Memang pengunjung jenis ini hanya bersifat sementara alasannya pengguna media umum sering menentukan informasi yang terbaru. Namun begitu suatu kesalahan kalau anda melewatkan media umum sebagai promosi blog.

7. Backlink

Sebagai blogger tentu saja anda sangat berharap memperoleh kemudian lintas organik sebagai mesin utama mendatangkan pengunjung. Memang media umum sangat efektif memperoleh banyak pengunjung. Namun tidak ada yang lebih baik daripada memperoleh pengunjung alami dari mesin pencari menyerupai Google, Yahoo, Bing dan mesin pencari lainnya.

Untuk mendapat kemudian lintas organik anda membutuhkan backlink sebagai mesin penggerak. Dalam kasus ini ada perbedaan fundamental antara hanya fokus menanam backlink berkualitas dengan menanam backlink pada banyak sekali situs.

Memang mencari backlink dari banyak sekali blog sangat disarankan. Namun terkadang cara ini kurang efektif mendongkrak posisi blog di search engine alasannya kualitas backlink cenderung rendah. Akibatnya blog tetap sulit menempati halaman pertama search engine. Bahkan alasannya hal ini bisa jadi tanpa sadar blog anda akan turun posisinya.

Berbeda masalahnya kalau anda mencari backlink berkualitas meskipun sedikit alasannya kualitasnya cenderung berpengaruh pada search engine. Pagerank merupakan pola besar dalam mencari backlink berkualitas. Coba anda cek backlink dari situs populer maka anda akan menemukan bahwa sebagian besar backlink mereka mempunyai pagerank.

Selain itu saat mencari backlink sebaiknya perhatikan juga Domain Autority (DA) dan Page Autority (PA). Jika DA dan PA blog tersebut tinggi maka secara garis besar situs tersebut berkualitas. Sehingga tanpa ragu anda bisa menanam backlink darinya.

Kesimpulannya, alasannya visitor blog merupakan yang sangat penting maka tidak ada alasan bagi anda untuk tidak bersungguh-sungguh mengelola blog. Memang pengunjung tidak akan meningkat dalam waktu sekejap. Namun demikian kalau anda mengetahui 7 penyebab blog sepi pengunjung di atas maka anda bisa mengatasinya dengan segera. Dengan begitu jumlah pengunjung blog anda akan meningkat secara signifikan.